for someone who seek a knowledges

Bio Informatika

Kali ini saya akan membahas tentang Bio Informatika, sangat asing buat saya untuk mendengar hal ini. Mungkin untuk beberapa pembaca juga jarang mendengar istilah ini, oleh karena itu saya akan coba memberikan pengetahuan mendasar tentang Bio Informatika.

Pengenalan
Bio informatika adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan yang membahas tentang biologi, ilmu komputer, dan teknologi informasi yang disatukan menjadi sebuah materi tunggal. Tujuan utamanya adalah untuk memungkinkan penemuan wawasan biologi baru serta untuk menciptakan perspektif global dimana prinsip-prinsip pemersatu dalam biologi dapat dilihat. Pada awal “revolusi genom”, yang menjadi perhatian dalam bio informatika adalah penciptaan dan pemeliharaan database untuk menyimpan informasi biologis, seperti sekuens asam amino dan nukleotida.

Pada akhirnya, bagaimanapun, semua informasi ini harus digabungkan untuk membentuk gambaran yang komprehensif tentang kegiatan selular normal sehingga para peneliti dapat mempelajari bagaimana kegiatan ini diubah dalam kondisi penyakit yang berbeda. Oleh karena itu, bidang bioinformatika telah berkembang sedemikian rupa sehingga tugas yang paling mendesak sekarang melibatkan analisis dan interpretasi dari berbagai jenis data, termasuk sekuens asam nukleotida dan amino, domain protein, dan struktur protein. Proses sebenarnya menganalisis dan menafsirkan data disebut komputasi biologi.

Sub materi penting dalam bioinformatika dan biologi komputasi meliputi:

  • Pengembangan dan penerapan alat yang memungkinkan akses yang efisien terhadap penggunaan dan pengelolaan berbagai jenis informasi
  • Pengembangan algoritma baru (ex. rumus matematika) dan statistik yang dapat digunakan untuk menilai hubungan-hubungan di antara anggota kumpulan data besar, seperti metode untuk menemukan gen dalam suatu urutan, meramalkan struktur protein dan / atau fungsi, dan protein urutan cluster ke dalam keluarga yang terkait urutan

Leave a comment